Selasa, 05 Mei 2020

Distro Linux Rekomendasi Untuk Komputer Lama


Iban Malay - Halo, siapa di sini yang masih memiliki komputer yang usianya lebih dari 10 tahun? Jelas bingung, apa yang ingin Anda lakukan? Saya ingin menginstal sistem operasi terbaru yang tidak bangun, saya ingin menginstal banyak aplikasi, hanya jangan mengangkatnya dengan ringan, hehe. Tidak apa-apa jika PC kita dulu memiliki spesifikasi yang mumpuni, semua aplikasi yang terinstal dapat berjalan, nah sekarang karena zaman lebih maju, kebutuhan perangkat keras untuk menjalankan aplikasi mulai meningkat. Jadi bingung kenapa menggunakannya.

Nah, dalam artikel ini kami memberikan solusi untuk semua teman saya yang memiliki komputer lama yang spesifikasinya dapat dikatakan di bawah spesifikasi rata-rata PC saat ini. Di sini kita akan mengeksplorasi beberapa distribusi Linux yang sangat direkomendasikan untuk komputer dengan spesifikasi rendah, bahkan untuk komputer Pentium 2. Komputer dulu bagus, tapi sekarang? Haha

5 distribusi Linux yang direkomendasikan untuk spesifikasi rendah
Kami mulai dari distribusi yang membutuhkan spesifikasi tinggi, terendah adalah spesifikasinya.

1. Mint

Peppermint adalah distribusi Linux yang berfokus pada cloud yang tentu saja tidak memerlukan perangkat keras kelas atas. Distribusi ini didasarkan pada Ubuntu dan menggunakan lingkungan desktop LXDE untuk memberi Anda pengalaman yang lebih lancar.

Awalnya dibuat dengan pendekatan web-centric untuk netbook, Peppermint telah mengembangkan aplikasi ICE untuk mengintegrasikan situs web apa pun sebagai aplikasi desktop.

Distribusi ini juga memiliki panduan yang cukup baik untuk membantu pengguna baru. Ada juga forum khusus untuk membantu menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan Anda.

Persyaratan sistem minimum untuk Peppermint OS:


  • RAM: RAM 1GB (disarankan 2GB)
  • CPU: prosesor berbasis arsitektur Intel x86
  • Ruang disk: 4 GB
  • UNDUH PEPPER


2. Lubuntu

Masih dalam keluarga Ubuntu dan menggunakan desktop LXDE. Masih terasa seperti Ubuntu. Lubuntu adalah turunan yang lebih ringan dari Ubuntu, sehingga ia berspesialisasi dalam kecepatan dan dukungan untuk perangkat keras yang lebih lama. Lubuntu memiliki lebih sedikit paket standar, yang terutama terdiri dari aplikasi Linux yang ringan.

GPicView untuk gambar, MTPaint untuk menggambar, Evince untuk PDF, Audacious untuk musik, Gnome-Player untuk video, guvcview untuk webcam, Chromium untuk pencarian web, Sylpheed untuk email, Streaming untuk torrent, Gnumeric untuk sheet perhitungan, Abiword untuk kantor, Xpad untuk catatan dan banyak lagi.

Jika Anda telah menggunakan Ubuntu sebelumnya, Anda tidak akan terbiasa dengan Lubuntu. Perangkat lunak dan repositorinya sama, sehingga Anda akan menemukan perangkat lunak yang sama yang Anda gunakan di Ubuntu.

Persyaratan perangkat keras minimum Lubuntu:


  • RAM: RAM 512MB (disarankan 1GB)
  • CPU: Pentium 4 atau Pentium M atau AMD K8 atau lebih tinggi
  • UNDUH LUBUNTU


3. Linux Lite

Sesuai namanya, Linux Lite adalah distribusi Linux yang tidak memerlukan perangkat keras tingkat tinggi untuk menjalankannya. Linux Lite didasarkan pada Ubuntu LTS (Dukungan Jangka Panjang). Versi LTS memberikan dukungan selama 5 tahun, yang berarti setelah menginstal Linux Lite di komputer Anda, distribusi ini akan memberikan pembaruan selama 5 tahun.

Tim Linux Lite mengatakan, "Linux Lite berfungsi penuh di luar kotak, ini berarti Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan saat Anda memulai komputer pertama kali." Ini sangat berguna untuk pemula karena mereka tidak perlu mencari beberapa aplikasi dasar untuk menginstal. Sebagian besar aplikasi dasar memiliki instalasi default di sistem operasi.

Beberapa aplikasi yang telah diinstal adalah Firefox untuk penelusuran web, Thunderbird untuk email, Dropbox untuk penyimpanan cloud, VLC Media Player untuk musik dan video, LibreOffice untuk kantor, Gimp untuk mengedit gambar dan Lite Lite untuk menyesuaikan desktop Anda.

Mengingat ini didasarkan pada Ubuntu, Anda akan memiliki banyak dukungan dan sumber daya yang tersedia secara online karena Anda dapat mengikuti tutorial Ubuntu.

Persyaratan perangkat keras minimum untuk Linux Lite:


  • RAM: RAM 512MB (disarankan 1GB)
  • CPU: prosesor 700MHz
  • Layar: Resolusi layar VGA 1024 × 768 (1366 × 768 direkomendasikan VGA, DVI, atau layar HDMI)
  • Ruang disk: 5 GB
  • UNDUH LINUX LITE

4. LXLE


LXLE sebenarnya adalah reskin versi Lubuntu LTS. Yang berarti bahwa pada dasarnya adalah Lubuntu yang sudah di tweak dengan tujuan agar cocok dengan spek komputer lama.

Meskipun distro Linux ringan, LXLE mencoba menyediakan User Interface yang sangat enak dilihat. Sistem ini di-tweak untuk meningkatkan kinerja dan hadir dengan berbagai aplikasi ringan yang diinstal secara default.

Persyaratan perangkat keras minimum untuk LXLE:

  • RAM: 512 MB (disarankan 1 GB)
  • CPU: Pentium 3 (direkomendasikan Pentium 4)
  • Disk space: 8 GB
  • DOWNLOAD LXLE

5. CrunchBang++


CrunchBang ++ juga dikenal dengan sebutan CBPP. CrunchBang ++ berbasis Debian 9 dengan antarmuka desain minimalis dan ringan.

Beberapa aplikasi default dalam Crunchbang ++ adalah Geany IDE, terminator terminal emulator, Thunar File Manager, Gimp untuk mengedit gambar, Viewnior image viewer, VLC Media Player untuk musik, Xfburn CD / DVD burning software, Iceweasel untuk browsing web, klien torrent Transmisi, Editor spreadsheet Gnumeric, Evince pdf viewer, klien transfer file gFTP, klien Xchat IRC, AbiWord untuk kantor.

Persyaratan perangkat keras minimum untuk CrunchBang ++:
Tidak ada rekomendasi perangkat keras resmi untuk Crunchbang ++. Idealnya, sudah bisa berjalan pada RAM 512 MB dan Pentium 4 CPU.

DOWNLOAD CrunchBang++

Tidak ada komentar:

Posting Komentar