Senin, 04 Mei 2020

Ubuntu 18.04 Akan Mendapatkan Dukungan Selama 10 Tahun


Iban Malay -  Versi dukungan jangka panjang (LTS) umumnya akan didukung selama 5 tahun. Tidak seperti Ubuntu 18.04, versi ini akan didukung selama 10 tahun. Versi lain yang mungkin juga akan memiliki periode dukungan yang lebih lama.

Pendiri Ubuntu Mark Shuttleworth mengumumkannya saat pidato pembukaan di KTT OpenStack di Berlin.

Saya senang mengumumkan bahwa Ubuntu 18.04 akan didukung selama 10 tahun.

Semua berkat IoT (Internet of Things)

Kita tahu bahwa di dunia sekarang ini, semua orang terhubung, kita hidup di dunia yang saling terhubung. Perangkat pintar terhubung ke Internet di mana pun mereka berada, termasuk smartphone, TV, tablet, lemari es, dan perangkat pintar lainnya. Semua yang kita ketahui tentang IoT dan Ubuntu sangat terkonsentrasi di sana.

Pengumuman dukungan selama 10 tahun dimotivasi oleh kebutuhan pasar IoT.

... di industri tertentu, seperti layanan keuangan dan telekomunikasi, tetapi juga IoT, di mana jalur produksi sedang digunakan dan akan diproduksi setidaknya selama satu dekade.

Ubuntu 16.04, yang dijadwalkan untuk mengakhiri dukungan pada April 2021, juga akan menerima periode dukungan yang diperpanjang.

Namun sejauh ini, masih belum jelas apakah dukungan yang diperluas akan gratis, apakah akan tersedia untuk semua pengguna, termasuk versi desktop.

Ubuntu memiliki opsi ESM (Extended Security Maintenance) untuk para pelanggannya. Dengan ESM, pelanggan mendapat manfaat dari peningkatan keamanan kernel dan paket signifikan selama beberapa tahun, bahkan setelah berakhirnya versi LTS tertentu.

Tentu saja, ESM adalah fitur berbayar dan itu salah satu dari banyak cara yang Canonical, perusahaan di balik Ubuntu, menghasilkan pendapatan.

Saat ini, tidak jelas apakah dukungan sepuluh tahunan untuk semua orang atau apakah itu akan menjadi layanan berbayar sebagai bagian dari pemeliharaan keamanan yang diperpanjang.

Setelah IBM membeli Red Hat seharga $ 34 miliar, orang-orang mulai bertanya-tanya apakah Ubuntu akan dijual kepada pemain besar seperti Microsoft.

Shuttleworth mengklarifikasi bahwa ia tidak memiliki rencana untuk menjual Ubuntu dalam waktu dekat. Namun, ia juga secara ambigu mengatakan bahwa ia dapat mempertimbangkannya jika itu adalah tawaran raksasa dan bahwa ia akan tetap bertanggung jawab atas realisasi visi mereka oleh Canonical dan Ubuntu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar